Posted on

Keinginan dan Kebutuhan

Dua kata ini benar – benar membingungkan gw; keinginan dan kebutuhan. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan keinginan dan apa sebenarnya yang dimaksud dengan kebutuhan. Ada yang berkata “Ketika kita menginginkan sesuatu, kita akan berusaha menggapainya. Dan apa yang terjadi kemudian adalah bukannya keinginan itu yang tercapai, tapi kebutuhan kita yang terpenuhi.”

Memang, pada dasarnya, apa yang menjadi prioritas utama kita dalam hidup adalah memenuhi kebutuhan, bukan memenuhi keinginan. Untuk hidup, ada hal – hal yang butuh untuk dipenuhi. Tapi, jika kita mengesampingkan kebutuhan dan sibuk dengan pemenuhan akan keinginan, hidup itu bagaikan hidup seorang budak yang selalu terbelenggu dan tidak bisa ngapa – ngapain kecuali menuruti perintah tuannya.

Hanya saja, jika kita hidup hanya untuk memenuhi kebutuhan, tentunya hidup ini akan terasa hambar dan sangat membosankan. Apakah kita hidup di dunia ini hanya untuk melestarikan keturunan kita?? Tidak, tentunya (menurut gw). Ada hal – hal yang ingin kita capai, hal – hal yang ingin kita wujudkan, hal – hal yang akan memuaskan batin kita meskipun orang lain tidak tahu tentang hal tersebut. Tapi, apakah hal itu butuh untuk dilakukan?? Apakah kita memang perlu mewujudkan keinginan untuk kepuasan batin?? Tidak cukupkah bagi kita anak – anak kita tumbuh dalam keadaan sehat dan berpendidikan?? Lalu, bagaimana dengan hidup yang berwarna itu?? Dan gw terjebak lagi dalam suatu lingkaran khayal yang menyedihkan ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s