Posted on

Pendidikan

Gw bingung dengan pendidikan di Indonesia, terutama pendidikan tinggi. Saat ini, karena banyak perguruan tinggi negeri yang tidak lagi disubsidi oleh pemerintah, biaya operasional pendidikannya jadi sangat mahal, hampir sama, bahkan sama – atau mungkin lebih – dengan perguruan tinggi swasta. Gw ga tahu kenapa harus begitu, tapi membengkaknya biaya pendidikan mungkin adalah hal yang wajar. Yang jadi masalah adalah ada aja orang yang rela bayar duit berjuta – juta, bahkan sampai ratusan juta (dalam rupiah) untuk masuk perguruan tinggi tertentu, padahal kemampuannya belum tentu memadai untuk menerima pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Masih banyak orang – orang yang lebih berhak untuk mendapatkan kursi di perguruan tinggi, tetapi mereka tidak bisa mendapatkannya karena keterbatasan dana.

Entah apa maksudnya mereka melakukan hal seperti itu – memaksa masuk dengan uang , tapi tanpa kualifikasi. Motivasi mereka patut dipertanyakan. Apakah mereka yakin mereka akan berhasil di perguruan tinggi tersebut?? Apakah uang mereka akan balik modal begitu mereka kerja nanti setelah lulus?? Dan bagi perguruan tinggi yang bersangkutan, apakah tidak takut akan kehilangan mutunya dikarenakan input yang masuk tidak atau kurang memadai?

Dengan keadaan yang seperti ini, patut dipertanyakan juga apa tujuan pendidikan yang sebenarnya, apa tujuan didirikannya pergurun tinggi, dan apa maksud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia. Apakah hanya untuk mencetak sebanyak mungkin sarjana?? Sarjana yang kayak gimana?? Sarjana yang terlatih untuk menemukan lowongan kerja di koran – koran yang disediakan oleh perusahaannya Aristoteles Onasis dan Steve Jobs?? Sarjana fleksibel yang bisa bekerja dimana saja meskipun ga sesuai dengan keahlian yang diterimanya di perguruan tinggi??

Lalu bagaimana dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi?? Aahh… bukan disini tempatnya. Udah ada tempat untuk pengembangannya – tempat berlabel “negara maju”, dan tugas kita cukup “mendatangkan mereka kesini”. Dengan apa?? Tentu saja dengan duit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s