Posted on

Kata-Kata*

Aku mulai hidupku 80 tahun terlambat
Aku tersesat di tengah rimba kata-kata
Aku sudah menjadi sinting telak
Aku seorang badut, seorang tukang seringai
Aku adalah si sombong
Aku ini mutlak tidak berbentuk
Aku membenci masa kecilku dan segala yang tersisa dari periode itu
Aku tidak berhenti menciptakan diri
Aku adalah penipu
Aku menghayati dua kehidupan, kedua-duanya kebohongan
Aku tahu nilaiku
Aku menikmati kegelapanku
Aku sebenarnya seorang sans-culotte dan pembunuh raja
Aku yakin bakatku karena pasrah
Aku mengintip diri sendiri
Aku menua dalam kegelapan, menjadi dewasa dengan menyendiri
Aku berhak mencemburui seluruh dunia
Aku hampir bukan apa-apa
Aku melihat kehidupanku melalui teropong kematianku
Aku lebih suka menuduh diri sendiri daripada menuduh seluruh isi dunia
Aku menganut satu prinsip saja: pokoknya menanjak
Aku menyeret diriku sendiri seutuhnya
Aku tidak membedakan antara cobaan yang merupakan santapan orang-orang terpilih, dan kegagalan sebagai akibat kesalahanku sendiri

*) Novel autobiografi oleh Jean-Paul Sartre

Leave a Reply

