Posted on

Sampah Pikiran 4; Catatan Orang “Sakit”

Sekarang gw sakit lagi, untuk yang kedua kalinya di bulan ini. Tapi, sakit kali ini terasa lebih “sakit” dari sakit yang sebelumnya. Gw ga tau kenapa. Mungkin secara biologis, virus yang menyerang tubuh gw lebih ganas daripada virus sebelumnya. Dan tetap saja gw ga ngerti kenapa dia menyerang gw, padahal gw ga pernah mengganggu dia, gw ga pernah mengusik dia, meskipun harus diakui juga bahwa gw dan si virus keparat itu ga pernah melakukan gencatan senjata dan menandatangani pakta perdamaian sebelumnya.

Gw masih bingung dengan pertanyaan yang gw kemukakan sendiri; kenapa sakit itu rasanya sakit? Kenapa rasanya harus sakit? Dan kenapa rasa sakit itu sakit? Siapa sebenarnya yang pertama kali menciptakan kata “sakit”? Sepertinya, orang yang pertama kali menciptakan kata “sakit” pastilah orang sakit, orang yang menyebalkan. Gimana kalau kata sakit diganti dengan kata lain, misalnya kata “sitak”? Apakah rasanya akan tetap sakit? Atau rasanya akan menjadi “sitak”? Dan gimana rasanya “sitak”? Apakah sitak rasanya “sakit” atau “sitak”?

Aahhh… gw bingung!! Apakah kata-kata yang gw bikin untuk mendeskripsikan rasa sakit, apapun tulisan dan pengucapannya, tetap akan membuat gw merasakan yang namanya “sakit”? Tidak adakah kata-kata lain supaya sakit yang gw rasakan tidak terasa sakit? Apa sebenarnya yang terjadi? Apakah gw telah terpenjara oleh rasa sehingga apapun deskripsi gw tentang rasa itu, rasanya akan sama saja? Apakah gw juga telah terpenjara oleh bahasa sehingga ketika kata sakit diatributkan ke gw, hal itu akan membuat gw serasa ingin muntah, pusing, harus selalu beristirahat, dan menderita berkepanjangan?

Aahhh… gw makin bingung!! Gw memang harus sakit, tapi gw ingin merasakannya dengan rasa yang berbeda dan bukan rasa sakit tentunya. “Aaahhh… kepala gw sakit, rasanya kayak makan es krim Cornetto rasa coklat!!!”, ingin rasanya gw teriak kayak gitu ketika sakit…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s