Posted on

Dead End

l’Univers s’étageait à mes pieds et toute chose humblement sollicitait un nom, le lui donner c’était à la fois la créer et la prendre. Sans cette illusion capitale, je n’eusse jamais écrit.

— Jean-Paul Sartre, Les Mots

 

Aku di puncak siang dan aku terbakar semangat yang tak kupunya. Batas-batas khayalku melebar,  terisi hanya kekosongan. Aku berjalan di atas rumput berduri, tapi yang kurasakan hanyalah kehausan. Sarafku gila dalam ke-terlalu-waras-anku.

Sebuah tanya bergentayangan: apa yang dipikirkan orang gila? Dunia-yang-kuhayati menyempit di tepian ragu. Apakah aku terlalu banyak peduli akan kepedulianku? Ketika malam menjamah ruang, kulihat kerlap-kerlip bintang, tapi juga ruang menghitam kelam di baliknya.

Aku di bolong malam, menghirup mimpi-mimpi yang kutinggalkan. Betapa aku senang merawatnya hingga layu sebelum berkembang. Aku berlari ke keramaian mencari kebuntuan; semua tertawa, tertawa, dan bahagia.

Sebentuk tanda terlukis di ujung senja. Semua yang lain hilang hingga semua kembali biasa. Aku melangkah ke tempat yang tak tergapai dan yang tak ingin digapai. Dunia menghilang dalam genangan cahaya. Lalu semua kembali semula.

Aku di saat fajar bermula, terbang melayang mencumbu kesendirian. Kopi yang kuminum mulai terasa pahit, tapi aku menikmatinya; hingga sekarang gula pun telah enggan berbagi rasa. Aku kehabisan kata-kata dan terpaksa kuhadiahi kau sebuah nama. Aku mabuk kesenangan dan tak berdaya.

2 responses to “Dead End

  1. Mahiazara

    jangan terlalu mabuk kesenangan..:P

    • jacknhelena ⋅

      Menurut saya, momen-momen seperti inilah yang paling menyenangkan ketika menjadi seorang pengarang: menghadapi jalan buntu, ketika kita ga tahu lagi harus kemana dan menuliskan apa, bahkan terkadang, semua yg telah direncanakan harus dibuat ulang. Dan pada saat itu, biarkan semua menggila…😉

Leave a Reply

