Posted on

Kemarin seorang teman berkata, “Aku ingin mati saja..”
Beberapa hari kemudian, dia berkata dengan senang, “Aku merasa sangat hidup; begini seharusnya hidup!”
Aku bertanya padanya, “Apakah kau sudah bunuh diri?”
Dia balik bertanya, “Kau sudah memeriksa dirimu di rumah sakit jiwa? Jika belum, pergilah kesana sekarang! Kau tidak mengerti kehidupan.”

Aku pun pergi ke rumah sakit jiwa. Tapi di tengah perjalanan, aku menyadari sesuatu: kenapa aku harus ke rumah sakit jiwa? Aku waras sewaras-warasnya makhluk yang bisa memakai otak. Aku dikerjainya: rumah sakit jiwa tidak buka hari libur ini. Aku sempat gila.

Beberapa hari yang lalu, aku bertemu lagi dengannya. Dia berkata sambil tersenyum, “Tidak ada gunanya manusia hidup di dunia ini, semua mati saja!”
Aku menginterupsi, “Aku ingin melihat kau duluan yang begitu.”
Dia menjawab, “…”
Dia pergi entah kemana, tak bisa dihubungi beberapa hari ini. Aku khawatir, tapi entahlah…

Dia datang lagi, lalu bertanya pelan, “Apakah kau masih gila? Tidak mungkin aku bunuh diri.”
Kujawab dengan tanya, “Apakah kau menemukam gunanya hidup?”
Dia mengernyit, memandang langit, lalu menjawab juga dengan tanya, “Jika hidup memang ada guna, maka apa yang terjadi sekarang nyaris tidak relevan dengan jawaban pertanyaan ‘apa gunanya hidup?'”
Dan aku pun, setelah merenung beberapa saat, bertanya lagi, “Kau mau mati atau mau hidup?”

Beberapa hari yang lalu, dia berkata, “Aku ingin mati saja..”
Aku tidak peduli.
Beberapa hari kemudian, dia berkata lagi, “Aku merasa sangat hidup; begini seharusnya hidup!”
Aku bertanya padanya, “Apakah kau sudah bunuh diri?”
Dia balik bertanya, ” Kau sudah memeriksa dirimu di rumah sakit jiwa? Jika belum, pergilah kesana sekarang! Kau tidak mengerti kehidupan.”
Aku diam saja, kupikir, tidak ada gunanya meladeninya, seperti tidak ada gunanya meladeni keluhan-keluhan dan motivasi-motivasi tolol di media-media sosial…

Beberapa waktu kemudian, dia bertanya, “Kau kemana saja?”
….

Leave a Reply

