Posted on

Resosuli

Resolusiku saat ini adalah tidak akan membuat resolusi pada tahun baru nanti dan aku akan menjalankan resolusi itu: itulah resolusiku tahun baru nanti.

Pada saat tulisan ini dibuat, gue sama sekali tidak punya gambaran tentang masa depan, apapun. Menyedihkan dan menyenangkan, sekaligus: sangat terbebani oleh ketiadaan beban.

Seringkali gue merasakan kekonyolan, “Mari kita curahkan segenap energi, keluh-kesah, kebahagiaan, ketakutan, dan apapun itu—Akulah penguasa masa depan!!—demi ritual yang penting ini: membuat resolusi untuk setahun ke depan—atau lebih tepatnya: membuat daftar mengenai apapun yang tidak akan aku kerjakan selama, setidaknya, setahun ke depan.”

Apakah gue begitu? Apa begitu gue ada-nya? Apakah orang yang bertanya tentang dirinya sendiri ke dirinya sendiri adalah seorang neurotis?

Mungkin gue terlalu banyak keinginan: bertamasya ke ISS, melihat lubang hitam, memahami—meskipun mungkin tidak sepenuhnya—Finnegans Wake dan Dhalgren. Mungkin pesimisme gue yang terlalu optimis. Bagaimanapun, semua masih berada dalam batas…

Hanya saja, mengenai resolusi…

Resolusiku adalah tidak membuat resolusi apapun…

Leave a Reply

